Cara Membuat Barcode

Cara Membuat Barcode – Pasti kamu sudah enggak asing dengan barcode. Ya, barcode ini bisa kamu temukan di mana saja, terutama di kemasan dari berbagai produk yang kamu beli. Atau bisa juga kamu temukan barcode di swalayan atau mall tempat kamu belanja.

Biasanya kasih akan menscan barcode pada kemasan produk yang dijual. Barcode ini berisi kode-kode yang hanya bisa dibaca oleh alat bernama scanner.
Tapi pernahkah kamu bertanya, apakah bisa membuat barcode dengan mudah?? Jawaban adalah bisa.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat barcode, maka kamu bisa simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Barcode Dengan Aplikasi

Tampilan barcode ini ada yang garis-garis lurus, ada juga yang berisi pola titik. Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa barcode ini merupakan kode informasi mengenai produk atau barang yang tertera barcode.

Sekarang ini, kamu juga bisa membuat barcode yang berisi pesan rahasia. Nah, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat barcode.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat barcode. Dengan aplikasi ini, kamu bisa dengan mudah mengetahui cara membuat barcode dengan mudah.

Barcode Generator

Barcode Generator

Aplikasi membuat barcode pertama yang bisa kamu coba adalah Barcode Generator. Kamu bisa download aplikasi ini di Playstore. Nah, jika aplikasi ini sudah terinstal di smartphone kamu, kamu tinggal gunakan saja untuk membuat barcode. Lalu gimana cara membuat

bercode dengan aplikasi Barcode Generator? Ikuti langkahnya berikut ini.

Jalankan aplikasi Barcode Generator

Pertama, tentunya kamu harus buka dulu aplikasi ini pada smartphone kamu. Nah, pada halaman awal, kamu bisa klik ADD Code

Pilihlah Jenis Barcode

Barcode memang banyak jenisnya. Nah, setelah klik ADD CODE, nanti kamu akan diminta untuk memilih jenis barcode yang akan kamu gunakan. Pilih saja jenis barcode yang kamu inginkan.

Lengkapi Data

Jika sudah memiliki jenis barcode, maka selanjutnya kamu bisa melengkapi data informasi yang akan kamu masukan ke dalam barcode. Proses pembuatan barcode pun akan dimulai

Simpan File Barcode

Jika proses pembuatan barcode telah selesai, nantinya barcode akan tersimpan dalam bentuk file gambar. Formatnya bisa jpg, atau png. Kamu bisa simpan, atau langsung share saja gambar barcode tersebut ke media sosial seperti Facebook, Twitter, line, WhatsApp, dan sebagainya.

Nah, itu dia cara membuat bercode dengan aplikasi Barcode Generator. Mudah sekali kan cara membuat barcode?

Barcode Generator and Scanner – Offline

Ada juga aplikasi pembuat barcode bernama Barcode Generator and Scanner – Offline. Nah, seperti namanyaa, kamu bisa gunakan aplikasi ini secara offline juga. Cara membuat barcode dengan aplikasi satu ini juga mudah sekali. Ikuti cara berikut agar kamu tahu cara membuat bercode dengan aplikasi ini.

Jalankan Aplikasi Barcode Generator and Scanner – Offline

Setelah kamu selesai instal aplikasi ini, maka langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi ini.

Klik Menu Generate

Pada halaman utama aplikasi, kamu bisa klik pilihan menu ‘Generate’ untuk membuat barcode.

Pilih Jenis Barcode

Nantinya, kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya. Pada halaman selanjutnya kamu bisa memilih jenis barcode yang kamu inginkan.

Masukan Teks

Nah, langkah selanjutnya adalah kamu bisa masukan teks yang akan dibuat barcode.
Klik Simpan

Jika gambar barcode sudah muncul, kamu bisa klik ikon simpan yang ada di bawah. Atau bisa juga langsung bagikan hasil barcode kamu.

Barcode Generator and Scanner – Offline adalah aplikasi cara membuat bercode yang mudah. Jadi, kamu bisa coba menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang kecil.

QR Code Reader

Selanjutnya ada aplikasi bernama QR Code Reader. Sebenarnya aplikasi ini tak hanya bisa kamu gunakan untuk membuat barcode atau QR code, jadi kamu juga bisa gunakan aplikasi ini untuk membaca barcode.

Lalu bagaimana cara membuat bercode dengan aplikasiQR Code Reader?? Caranya mudah, kamu bisa ikut langkah berikut ini.

Jalankan Aplikasi QR Code Reader

Jika kamu sudah download aplikasi ini, maka kamu bisa buka dan jalankan aplikasinya.

Pilih Fitur Generate

Nah, pada halaman awal, kamu bisa pilih fitur generate. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman selanjutnya.

Klik Barcode

Pada halaman ini kamu bisa klik fitur ‘Barcode’. Setelah klik fitur ‘Barcode’ kamu bisa memasukkan teks untuk dibuat barcode pada kolom yang tersedia.

Simpan Barcode

Terakhir tinggal simpan saja barcode yang sudah selesai dibuat, atau kamu juga bisa langsung bagikan saja.

Itu dia cara membuat bercode dengan aplikasi QR Code Reader. Apakah kamu tertarik untuk download dan instal aplikasinya? Kamu juga bisa buat berbagai barcode dari aplikasi ini, mulai dari membuat barcode situs, YouTube, nomor ponsel, email, sms, lokasi, bahkan kamu juga bisa membuat barcode untuk acara yang akan kamu adakan.

Ya, dengan adanya barcode ini jelas memudahkan kamu untuk membagikan informasi penting ke teman-teman kamu.

Itu dia beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat barcode. Selain dengan aplikasi, kamu juga bisa menggunakan situs web untuk membuat barcode.

Lalu bagaimana cara membuat bercode dengan situs web? Untuk menjawab pertanyaan kamu, maka kamu bisa simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Barcode Menggunakan Situs Web

Ada beberapa situs generator yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat barcode. Nah, jika kamu tak ingin instal aplikasi pembuat bercode, maka kamu bisa menggunakan situs berikut ini.

Menggunakan www.barcode-generator.org

Ini adalah situs garcode generator online pertama yang bisa kamu manfaatkan. Untuk cara membuat bercode dengan situs ini adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, kamu buka dulu atau klik www.barcode-generator.org.
  2. Nah, setelah berhasil masuk, pada halaman awal kamu bisa memilih jenis barcode yang ingin dibuat.
  3. Selanjutnya, kamu bisa langsung saja isi data yang ingin dibuat barcode. Kamu bisa membuat teks, kartu nama atau ID Card, dan bisa juga membuat email dengan barcode.
  4. Jika data sudah terisi, kamu bisa klik tombol Create QR Code.
  5. Selesai. Kamu bisa download hasil barcode yang sudah kamu buat.
    Nantinya file barcode akan tersimpan di file manager smartphone kamu. Kamu bisa cari filenya, setelah ketemu kamu bisa bagikan file tersebut ke teman-teman kamu.

Baca Juga :

Akhir kata

Itu dia beberapa cara membuat bercode yang bisa kamu ikuti. Kalau kamu lebih tertarik menggunakan aplikasi atau situs web? Keduanya jelas memiliki kelebihan masing-masing.

Mungkin bagi kamu yang memiliki smartphone dengan ruang penyimpanan yang sedikit, maka kamu bisa menggunakan cara buat barcode dengan situs web.

Tapi kalau smartphone kamu memadai, maka tak ada salahnya menggunakan aplikasi. Sebab cara membuat bercode dengan aplikasi lebih praktis dan mudah.

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kamu, khususnya yang sedang mencari referensi aplikasi membuat barcode. Kamu bisa memilih salah satu rekomendasi aplikasi membuat barcode yang sudah dijelaskan di atas.

Anah Widiastuti
Anah Widiastuti

Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah

Leave a Comment