Rekomendasi Internet Rumah Murah dan Terbaik di Indonesia

Hidup di era digital membuat hampir semua aktifitas memerlukan koneksi internet. Terlebih lagi saat ini dunia sedang menjajaki masa pandemi, hampir semua aktifitas terpaksa dilakukan secara virtual sehingga internet pun menjadi salah satu kebutuhan pokok.

Tidak hanya sebagai sarana komunikasi, namun internet juga dibutuhkan untuk bekerja dan sebagai sarana hiburan. Mengingat banyaknya jumlah orang serta kuota yang dibutuhkan suatu keluarga, maka tidak heran jika banyak sekali yang mencari paket internet rumah murah.

Baca juga : Rekomendasi hosting murah Cuma DomaiNesia hosting

Kebutuhan akses internet memang bisa terpenuhi dengan membeli paket internet seluler, akan tetapi tidak semua orang memiliki tempat tinggal dengan jangkauan signal seluler yang bagus. Sehingga memasang WiFi di rumah adalah solusi yang sangat tepat. Agar hasil pemasangan WiFi tidak mengecewakan, yakni meliputi koneksi yang cepat dan stabil, harga yang murah dan lain-lain, Anda perlu memperhatikan beberapa poin berikut ini.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang WiFi

Sebelum memasang WiFi, berikit poin-poin yang perlu diperhatikan.

  1. Kebutuhan Internet

Kebutuhan akan internet di rumah adalah poin penting yang Anda perhatikan sebelum memasang WiFi. Setiap keluarga tentu saja memiliki kebutuhan internet yang berbeda. Jika Anda harus bekerja menggunakan internet, maka mengambil paket unlimited adalah langkah yang tepat. Namun jika hanya digunakan untuk berselancar di media sosial, browsing atau aktifitas lain yang ‘kurang bermanfaat’ maka maka bisa memilih paket internet yang lebih mahal.

  • Lokasi Pemasangan

Lokasi pemasangan merupakan suatu hal yang sangat mempengaruhi kualitas serta kecepatan koneksi internet Anda nantinya. Seperti yang diketahui, belum semua provider internet dapat menjangkau seluruh pelosok negeri. Jadi, pastikan terlebih dahulu apakah provider pilihan Anda sudah bisa menjangkau wilayah tempat tinggal Anda.

  • Kecepatan Internet

Kecepatan internet adalah faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. Setiap provider internet akan menawarkan paket internet dengan kecepatan yang berbeda-beda. Jangan sampai Anda kesal dan marah karena akses internet yang lambat. Cermati dahulu kecepatan internet dari paket yang Anda pilih, lalu sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

  • Harga serta Total Kuota

Selain tiga poin di atas, harga dan total kuota yang didapatkan juga merupakan hal yang wajib Anda pertimbangan. Biasanya provider menawarkan harga paket internet yang sepadan dengan kuota yang akan didapatkan. Jika mobilitas penggunaan internet Anda tinggi, tidak ada salahnya memilih paket unlimited dengan harga sedikit lebih tinggi.

Namun yang harus Anda ketahui, pada paket internet unlimited ada istilah FUP (Fair Usage Policy) yakni apabila penggunaan kuota sudah melebihi batas yang tetapkan, maka kecepatan akses internet akan otomatis menurun.

Rekomendasi Internet Rumah Murah Unlimited

Selain kecepatan koneksi internet, harga adalah hal yang tidak kalah penting, terlebih ketika memilih paket internet rumah murah unlimited. Pasalnya, harga paket WiFi rumah jelas saja tidak semurah harga paket data seluler.

Nah, kini Anda tidak perlu khawatir dan bingung lagi dalam memilih jenis paket internet unlimited murah. Jenis layanan di bawah ini bisa Anda jadikan referensi.

  1. IndiHome

Rekomendasi paket internet rumah murah yang pertama adalah IndiHome dari grup PT Telkom Indonesia. Berada di bawah naungan PT Telkom, tidak heran jika layanan internet yang satu ini memiliki akses yang sangat kuat dan telah mengantongi kepercayaan dari sebagian masyarakat Indonesia.

Bagaimana tidak, layanan IndiHome sudah bisa ditemukan hampir di seluruh pelosok negeri. Meskipun jika dilihat dari segi biaya, terbilang cukup tinggi dibandingkan kompetitornya. Untuk pemasangan layanan IndiHome, Anda hanya perlu membayar biaya sekitar Rp. 100 ribu rupiah saja.

Sementara harga paket berlangganan yang IndiHome tawarkan rupanya sangat bervariasi, tergantung dari jenis paket yang Anda pilih. Kecepatan internet yang akan didapatkan mulai dari 10 Mbps dan tersedia 90 channel televisi juga VOD (video on demand). Untuk menikmati paket layanan tersebut Anda harus mengeluarkan biaya bulanan sekitar Rp. 320.000. Sedangkan paket dengan kecepatan lebih tinggi bisa dibandrol pada tarif Rp. 1,8 juta per bulan.

Dengan biaya sekian, Anda sudah bisa menikmati layanan IPTV Usee TV, iFlix, layanan telephone dan akes gratis layanan streaming Catchplay.

  • Biznet

Biznet merupakan penyedia layanan internet yang lebih dikenal untuk perusahaan. Akan tetapi juga mempunyai layanan Biznet Home dengan harga yang sangat beragam, yakni mulai Rp. 325 ribu saja per bulannya. Yang lebih menariknya lagi, dengan harga yang cukup bersahabat tersebut, Anda bisa mendapatkan layanan internet dengan kecepatan super yakni 75 Mbps.

Hanya saja untuk biaya pemasangan memang cukup tinggi yaitu sekitar Rp. 750 ribu dan sewa perangkat Rp. 900 ribu. Biaya sebanyak itu tentu saja sebanding dengan fasilitas yang akan didapatkan, meliputi IPTV yang sudah mempunyai teknologi TV on demand.

Tidak hanya itu, jaringan fiber optik yang dimiliki oleh Biznet juga merupakan salah satu yang terluas mencakup pulau Kalimantan, Sulawesi dan tentunya pulau Jawa.

Baca juga : Cara membuat website gratis Cuma disini

  • MNC Play

MNC Play adalah layanan internet dari MNC Media, grup media terbesar di Indonesia. Jika Anda mencari internet rumah murah, maka MNC Play adalah jawabannya. Menawarkan layanan internet berbasis fiber, penyedia layanan internet ini menawarkan harga mulai Rp. 290 ribu saja per bulan.

Dengan harga yang begitu terjangkau Anda sudah bisa menikmati kecepatan internet 10 Mbps dengan berbagai layanan IPTV dan MNC Now.

  • First Media

Sebagai salah satu penyedia internet paling awal di Indonesia, FirstMedia sudah memiliki banyak konsumen di Indonesia. Perusahaan yang awalnya bergerak pada layanan TV kabel ini menawarkan paket internet yang bervariasi mulai dari Rp. 361 ribu saja per bulan.

Kemudian biaya instalasi pertama serta biaya pemasangan sekitar Rp. 200 ribu, yang sudah termasuk biaya sewa perangkat dan belum termasuk PPn 10%.

Dengan kisaran biaya tersebut, Anda bisa menikmati internet dengan kecepatan sampai 15 Mbps serta layanan IPTV dengan 119 channel TV. Tidak hanya itu, terdapat juga akses layanan streaming seperti Prime Video dan Apple Tv untuk memenuhi kebutuhan hiburan Anda. Keunggulan lain dari FirstMedia adalah sudah menggunakan jaringan fiber optic.

  • MyRepublic

MyRepublic merupakan perusahaan penyedia layanan internet yang berasal dari Singapura, dan mulai memasuki pasar Indonesia pada tahun 2015. Tidak main-main, penyedia layanan internet dari negeri Singa ini menyuguhkan layanan WiFi dengan kecepatan mencapai 30 Mbps.

Sayangnya, kecepatan tinggi yang ditawarkan juga dibarengi dengan harga paket langganan yang cukup mahal, yakni sekitar Rp. 329.000 hingga Rp. 425.000 per bulan.  Sementara untuk biaya pemasangannya yakni sekitar Rp. 500 ribu rupiah.

Dengan memperhatikan 4 poin penting sebelum memasang WiFi rumah serta mempertimbangkan referensi layanana internet rumah murah di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi menerka-nerka tentang besarnya anggaran yang harus dikeluarkan.

Harga paket dari penyedia layanan selalu bervariasi, semua tergantung dari jenis paket dan kecepatan akses internet yang Anda inginkan. Satu lagi yang tak boleh Anda lupakan, pilihlah jenis paket yang sesuai dengan budget serta kebutuhan Anda akan internet setiap bulannya.

Tablo
Tablo

Blogger amatiran

Leave a Comment